GARA-GARA FACEBOOK

review penerbit :

Hampir semua orang yang mengenal internet juga memiliki Facebook. Facebook yang “berpenduduk” hampir 200 juta merupakan “negara” yang demokratis. Siapapun boleh bergabung menjadi warganya, dari anak kecil hingga orang dewasa, anak jalanan hingga professor, pengangguran hingga manajer perusahaan.

Mereka menuangkan gagasan-gagasan cemerlang, luapan kesedihan dan kekecewaan, curhat, ngerjain teman, main games-games asyik, di Facebook. Kita tidak jarang melihat seseorang atau beberapa orang yang tertawa terbahak-bahak atau hanya sekadar tersenyum di depan komputer (PC), laptop atau HP. Bisa diduga –bahkan hampir dipastikan– mereka sedang membaca komen-komen dari teman-temannya di Facebook. Facebook telah menjadi media untuk menghibur diri, menghilangkan kejenuhan, bahkan juga menghabiskan waktu dengan sia-sia. Kita tidak jarang merasa “kecanduan” atau kehilangan sesuatu jika tidak ber-fesbuk ria.

Di antara komen-komen atau ungkapan-ungkapan di wall, ada yang menarik dan patut kita baca sebagai “renungan” atau sekadar hiburan. Cerita-cerita mereka terkadang lucu, gokil dan aneh. Misalnya, Septian yang menemukan dompetnya yang hilang di Facebook, Afit yang ketemu teman-teman SD-ya di Facebook setelah tak diketahui rimbanya, dipecat gara-gara sering fesbuk-an saat kerja, hingga gembong narkoba di Florida yang tuntut hukuman 105 tahun penjara tertangkap gara-gara Facebook, dan segudang kisah-kisah yang lain. Semunya disajikan dalam bahasa apa adanya, tanpa mengalami banyak perubahan. Pembaca akan merasakan bahasa mereka yang mengalir dan spontan, layaknya ketika menulis di wall atau ber-SMS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s