Pergilah kau, jerawat!

Selamat siang, teman-teman. Mengantuk di jam segini sepertinya wajar ya? (sambil ngaca dan manggut-manggut, haha). Waktu menunjukan pukul 3 siang (kurang sedikit). Yes, saya memang sedang mengantuk dan bosan menatap si layar laptop ini. Namun mau beranjak bangun dari meja kerja juga tampaknya tak ada tempat tujuan yang lebih menarik. Jadi disinilah saya, menyempatkan diri mengupdate blog ini setelah berhari-hari tidak post apapun.

Aniway,  saya sedang galau. Bukan, bukan tentang relationship, hehe. Ini tentang si jerawat menyebalkan. Well, ga ada dong satu makhlukpun yang suka sama hal yang satu ini. Entah ini kata dasarnya : jerawat, ataupun ditambahkan imbuhan : ber-jerawat. Euuuwww!😦

Jadi, untuk mengawali dongeng saya siang ini, I will let you know this thing : wajah saya sekarang sedang berjerawat. Tidak sebanyak puluhan sih jumlahnya. Tapi ini lumayan banyak dan BESAR. Ouch! Sempat saya bertanya-tanya, apa ya yang menyebabkan jerawat ini tumbuh sebegitu pesat dan ga sabaran gini? Mereka kok tumbuh ga pake nomor antrian. Numbuh aja gitu sesukanya, keroyokan, waks, panic attack! Saya jadi teringat nasehat si Mommy. beliau sering banget berkicau begini :

Makanya, bangun tidur itu minum air mineral yang banyak, minimal 2 gelas. Terus sehari-hari jangan kebanyakan makan lemak. jadi selalu ada ruang buat kamu memaksakan minum sampai lebih dari 8 gelas.

Dan,

Makanya, jangan makan daging ayam terus. Makan juga buha-buahan dan sayur-sayuran. jadi muka kamu ga gampang ditumbuhi jerawat, lalalalala.

Well, mau tidak mau, saat saya sedang sekarat menggalauin jerawat ini, saya jadi teringat nasehat beliau. berulang-ulang masuk dan terplay dengan otomatis dikepala saya. Hmm, mungkin memang ada benarnya ya?

Terusik untuk mencari tahu kebenarannya, maka saya akhirnya bertanya pada Om Google, tempat dimana kita bisa bertanya apapun, ya kan?😛. Inilah yang berhasil saya dapatkan (tentu dari berbagai sumber). Dan akhirnya akan saya rangkum demi tercatat disini. Monggo dibaca🙂

1. Apakah jerawat itu?
Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang penelit masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, “Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.” Kemungkinan penyebabnya adalah perubahanhormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.
(sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Jerawat)

2. Mengapa jerawat muncul?

– Produksi Minyak Berlebihan
Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

– Sel-Sel Kulit Mati
Umumnya, jerawat dsebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sebum yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih.  Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

– Bakteri
Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak didalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawatbatu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

– Kosmetik
Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

– Obat-obatan
Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

(sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Jerawat)

3. Bagaimana menghilangkan dan / atau mencegah jerawat?

– Mencuci wajah 2 kali sehari
Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit kita. Jika kita jarang membersihkannya, maka bakteri penyebab jerawat akan hidup subur di wajah kita. Namun ingat..jangan mencuci wajah apalagi menggosok wajah secara berlebihan karena malah akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Cucilah wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.

– Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit anda
Jika kulit anda berminyak maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak, jika kosmetik yang anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit anda..jerawat akan segera mendatangi kulit wajah anda. Jadi berhati-hatilah dalam memilih kosmetik.

– sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak.
secara alami wajah kita akan menmproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi sebisa mungkin hindarilah hindarilah menggunakan kosmetik yang berlebihan karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat untuk bermukim di wajah kita.

– Keringkan wajah kita dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat.

– Minum air putih
Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.

-Gunakan pelembab kulit
Menggunakan pelembab akan membantu menyehatkan kulit kita, terutama dari kulit kering dan pecah2. Namun pelembab disini bukan berarti pelembab yang berminyak..sekarang sudah banyak produk kosmetik yang berbahan dasar air.

– Selalu pastikan kulit anda bersih sebelum tidur.
Selalu cuci muka anda sebelum tidur agar kulit beregenerasi dengan baik.

– Sering-seringlah makan sayur dan buah.
sayur2an mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.

– Tidur yang cukup dan teratur.
Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.

sumber : http://www.pusatgratis.com/info/9-tips-menghilangkan-jerawat.html

– Singkirkan rambut dari wajah
Rambut akan menjadi kotor dan berminyak saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Bila rambut menyentuh wajah, maka kotoran tersebut dapat pindah ke wajah kita dan dapat menimbulkan jerawat.

– Cuci sarung bantal dan seprei secara teratur
Rambut yang kotor atau wajah yang tidak bersih dapat menyebabkan kuman dan kotoran berpindah di sarung bantal atau seprei saat kita menggunakan bantal. Kemudian, pada saat yang lain saat wajah menempel di bantal, kotoran tersebut kembali menempel di wajah kita.

– Minum 8 gelas air sehari
Mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat tidak berguna yang ada di tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat.

-Menggunakan masker pencegah jerawat secara teratur
Dengan menggunakan masker madu dan jeruk nipis. Hal ini dapat membantu menghilangkan bakteri dan minyak di wajah.

– Jangan pencet jerawat yang ada
Tangan yang kotor saat anda memegang dan memencet jerawat memicu meningkatnya minyak dan kotoran di wajah. Saat memencet jerawat, lapisan yang ada di bawah kulit dapat menjadi rusak dan menyebabkan minyak wajah menyebar ke bagian lain dari wajah sehingga jerawat timbul semakin banyak

sumber : http://kumpulan.info/cantik/tips-kecantikan/37-tips/72-tips-mencegah-jerawat.html

 

Yuhuu, sudah selesai bacanya? Jadi mama saya sakti juga ya, karena ucapan beliau setidaknya masuk ke list-list yang diatas, hihi. Mari hidup sehat ya, teman-teman. Jerawatan kan ga enak (dan juga ga bagus dilihatnya).  Jadi, menurut saran diatas, sepertinya saya harus bersabar menunggu si jerawat hilang sendiri tanpa dipencet😦

At least I say : patience won’t kill. Good afternoon everyone😉

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s