Green tea time. anyone? :)

selamat siang semuanya. gw mau share tentang Green tea. well, to the point aja yah, hehe.

akhir2 ini gw lg menyengajakan meminum minuman yang  1 itu. nope! jangan menebak ini untuk urusan pengurangan berat badan, haha. bukan itu *bukan cuma itu, maksud gw* haha…

okay, mari kita mulai dari yang paling awal. tentu kalian semua bisa googling sendiri tentang manfaat dari si teh hijau ini, dan biarlah gw merangkum beberapa dengan teks asli dari situs tersebut atau dengan bahasa gw sendiri😉

sebuah situs yang paling banyak memberika info tentang teh hijau ini, menyebutkan seperti berikut :

Teh Hijau adalah minuman pengulur usia. Studi di Norwegia menunjukkan bahwa mereka yang rajin minum teh minimal secangkir sehari akan dapat menekan angka kematian. Penelitian lainnya dengan subjek manusia usia lanjut (manula) di Belanda menghasilkan temuan bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung menurun seiring dengan kebiasaan minum teh.

Hal ini juga telah dibuktikan sendiri pada masyarakat China yang memiliki usia lebih dari 100 tahun. ‘Di Indonesia usia 50 tahun meninggal dianggap biasa. Apalagi meninggalnya karena penyakit degeneratif. Teh merupakan salah satu cara untuk mencegah penyakit degenaratif.

Sejarah bangsa Cina menyebutkan teh hijau (camelia sinensis) mulai digunakan sebagai minuman sejak 2700 tahun sebelum Masehi pada dinasti Kaisar Shen Nung, namun tercatat dalam kamus kuno pada 350 tahun sebelum Masehi. Sekitar 200 tahun sebelum Masehi dalam buku tanaman obat Cina disebutkan daun teh berkhasiat menghilangkan racun dari tubuh.

Di Jepang tradisi minum teh berasal dari Cina sekitar abad ke-6 Masehi. Sejak itu teh hijau mulai dikenal berkhasiat untuk kesehatan dan digunakan awak kapal dalam pelayaran jauh.

Penelitian tentang teh hijau terus dilakukan hingga pada tahun 2004 diketahuilah secara menyeluruh adanya komponen-komponen dalam teh hijau sebagai antioksidan kuat, yaitu yang mampu menangkal serangan radikal bebas yang menyebabkan gangguan degenerasi pada organ-organ manusia, termasuk timbulnya berbagai jenis kanker, di antaranya di esofagus (saluran masuk makanan ke lambung), lambung, pankreas, usus, dubur, kandung kemih, prostat,
bahkan juga paru-paru dan payudara.

Komponen teh yang berkhasiat antioksidan. Dari paling sedikit tujuh komponen ada empat komponen terpenting jenis polyphenol dari kelompok catechin dalam teh yang berperan sebagai antioksidan kuat, yaitu:


1) epigallocatechin-3 gallat (EGCG),


2) epigallocatechin (EGC),


3) epicatechin-3 gallat (ECG).


EGCG adalah yang paling kuat, 100 kali vitamin C dan 25 kali vitamin E. Polyphenol yang mudah larut dalam air ini termasuk gugusan kelompok flavonoid yang biasanya terdapat dalam buah-buahan, sayuran, kopi, coklat dan anggur. Radikal bebas sendiri terbentuk secara alami dalam tubuh. Molekul ini dapat merusak sel-sel manusia. Orang menduga bahwa molekul inilah salah satu penyebab kanker, termasuk berbagai jenis penyakit lain seperti penyakit jantung dan penuaan.

Kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak dalam teh hijau berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker tersebut.

Fungsi biologis dalam kesehatan Dari berbagai jenis, teh hijau banyak disarankan untuk dikonsumsi karena manfaatnya berlipat.Tak hanya sebagai antioksidan kuat, memerangi penyakit jantung atau mencegah peradangan, namun teh hijau punya ‘seabrek’ manfaat lain yang sebaiknya tidak Anda abaikan.

sumber : http://jalanasik.com/content/view/329/35/

nah, dari situ aja udah mulai ada gambaran dong, seberapa bermanfaatnya ini teh hijau? dan berikut ini adalah beberapa manfaat yang berhasil gw rangkum (comot sana sini dr macem2 situs) tentang manfaat teh hijau tersebut. yuk dilihat😉 :

1. Dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi

Memiliki tekanan darah stabil, di bawah 120/80, adalah hal penting. Namun menjaganya di kisaran itu susah-susah gampang apalagi bagi Anda yang doyan makanan berlemak tinggi. Tapi orang yang mengonsumsi separuh cangkir teh hijau setiap hari sudah ‘menabung’ menghindarkan diri dari tekanan darah tinggi sebesar 50% dibanding mereka yang tak biasa minum teh hijau. Sekali lagi kandungan polifenol (yang sekarang dikenal sebagai ECGC) yang membuat tekanan darah stabil. Senyawa polifenol membantu menjaga pembuluh darah
dari kontraksi yang berpotensi menaikkan tekanan darah.

2. Mencegah timbulnya kadar gula darah yang tinggi

zat mangan (Mn) yang terkandung dalam teh bisa menguraikan gula menjadi energi, dengan demikian teh bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah,seperti diketahui, tingginya glukosa dalam insulin dalam darah memungkinkan orang terkena diabetes.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Studi epidemiologis (penelitian penyebab penyakit pada penduduk) menunjukkan
bahwa mereka yang minum teh hijau empat cangkir atau lebih tiap hari berisiko lebih kecil untuk terkena aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) dan penyakit jantung koroner.Teh hijau menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan HDL (kolesterol baik) serta menurunkan kolesterol serum total dan trigliserida total. Sebaliknya, teh hitam (teh yang sudah diragikan) tidak berpengaruh apa-apa terhadap jumlah kolesterol dalam darah.

4. Menurunkan resiko terkena berbagai penyakit hati

Sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan
sel-sel, teh hijau meningkatkan aktivitas enzim-enzim pertahanan tubuh superoksid dismutase (SOD), glutathione peroxidase dan katalase yang melindungi hati, paru-paru, kulit, kelenjar susu dan sistem pencernaan. Penelitian lain menunjukkan kemampuan teh hijau memberi perlindungan terhadap penuaan otak.

5. Menurunkan resiko terkena stroke
6. Membantu tubuh dalam melawan virus (seperti virus influenza)
7. Dapat menghambat penurunan fungsi syaraf
8. Memperbaiki fungsi kognitif
9. Bermanfaat bagi kesehatan gusi

Teh hijau menurunkan secara jelas jumlah bakteri merugikan, termasuk streptococci dalam mulut dan mencegah terjadinya plak (karang) gigi. Penyakit gusi terjadi karena peradangan gusi akibat infeksi bakteri Porphyromonas gingivalis. Teh hijau dapat mengurangi bakteri ini secara nyata di lapisan gusi sehingga membuat mulut lebih sehat.

10. Mencegah sesak nafas
11. Mengurangi stress
12. Menghilangkan kelelahan dan keletihan
13. Mampu mencegah timbulnya penyakit kanker

Kandungan polifenol, antioksidan kuat pada teh hijau, tampaknya mencegah sel kanker berkembang dalam tubuh. Berbagai studi menunjukkan bahwa orang yang teratur minum teh hijau berkurang risikonya terhadap penyakit kanker payudara, kanker perut, kanker kerongkongan, kanker kolon (usus besar) dan kanker prostat.

14. Mampu mengendalikan pertumbuhan tumor

Laporan dari beberapa negara di Asia menunjukkan rendahnya kasus kanker prostat dan payudara di daerah yang mempunyai kebiasaan minum teh hijau sehari-hari.

15. Membantu penyembuhan penyakit kanker
16. Membantu menurunkan berat badan

Teh hijau meningkatkan terjadinya pembakaran lemak tubuh dan memegang peranan penting dalam mengontrol komposisi tubuh manusia.

Penelitian di perancis menunjukan bobot perempuan gemuk yang minum teh hijau dalam dietnya akan akan turun tigakali lebih banyak dan lebih cepat daripada mereka yang tidak minum teh hijau. Sementara itu perempuan yang minum teh hijau ukuran pinggangnya turun empat kali lebih besar dari pada mereka yang tidak minum teh hijau. Polifenol dalam teh hijau akan menghambat penyerapan vitamin B1, hal ini akan mengurangi metabolisme gula darah yang selanjutnya berpengaruh pada pengurangan berat badan. Tentu saja kebiasaan ini harus dibarengi dengan mengurangi makanan lain yang berpotensi menggemukan seperti sumber makanan karbohidrat dan lemak.

17. Mengurangi resiko timbulnya radang sendi dan reumatik
18. Berfungsi sebagai anti radang tenggorokan dan menghilangkan bau mulut

Dua penelitian menyatakan secangkir teh hangat dapat menyegarkan mulut, karena senyawa katekin mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang ada dimulut samapai 30% dan mengurangi produksi senyawa penyebab napas tak sedap.

19. Mencegah osteoforosis

Meningkatkan kekebalan tubuh, dapat digunakan untuk penderita Parkinson, mencegah karies pada gigi, mencegah oksidasi pada membran butir darah sehingga dapat melindungi kerusakan butir darah merah, dapat melancarkan sekresi air seni, dapat mencegah osteoporosis yang menyebabkan massa tulung menyusut sehingga tulang menjadi mudah patah dan badan membungkuk, dapat digunakan juga sebagai anti alergi.

20. Mencegah timbulnya alergi
21. Melindungi lever

Lihat point no. 4

22. Mencegah hepatitis

Lihat point no. 4

23. Membantu menghalangi penyebaran virus HIV

Virus masuk tubuh manusia lewat kulit, organ seksual, pernafasan dan pencernaan. Virus mengandung DNA atau RNA sendiri sehingga dapat berkembangbiak dengan memanfaatkan sel-sel manusia. Teh hijau ternyata mampu mempengaruhi biosintesa antara virus dengan sel-sel protein manusia ini, sehingga disimpulkan catechin dari teh hijau dapat bermanfaat untuk mencegah atau mengobati berbagai gangguan yang ditimbulkan virus-virus, antara lain virus patogen DNA : adenovirus, herpes, cacar, serta virus RNA: retrovirus (penyebab HIV/AIDS). Beberapa jenis retrovirus dan herpes ini juga bersifat merangsang tumbuhnya kanker. Gejala umum yang ditimbulkan infeksi virus adalah demam, lemas, kurang nafsu makan dan keracunan. Di samping melalui pencegahan sintesa DNA dan RNA di atas, ekstrak teh hijau juga bersifat antiviral terhadap virus-virus influenza, herpes simplex,Coxsackie virus B6 dan polio. Disimpulkan bahwa teh hijau menunjukkan kemampuan melawan”bacterial
cytotoxicity” (keracunan dalam sel oleh bakteri) dan kemampuan melawan virus dan bakteri.

24. Mengurangi bahaya merokok

Minum teh hijau mencegah terjadinya tumor dalam paru-paru yang disebabkan oleh kandungan karsinogen dalam tembakau, yaitu berbagai senyawa nitrosamine.

25. Memperlambat penuaan

Nah ini yang paling penting semakin muda dan sehat arteri Anda, maka dampaknya Anda juga makin terlihat lebih sehat dan lebih muda. Jadi perangilah plak yang tertimbun di pembuluh darah yang akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Tambahkan usia biologis dan energi dengan mengonsumsi teh hijau. Berapa banyak dosis yang harus dikonsumsi? Sekitar 10 ons teh hijau per hari yang akan menghalangi tubuh menyerap lemak yang menyumbat arteri dan kolesterol.
26. Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes

Lihat point no (2)

27. Mampu mencegah keracunan makanan

28. Menyejukan kulit

Kandungan polyphenol dalam teh hijau mampu mencegah terjadinya kanker dan peradangan di kulit. Jika dioleskan di kulit, ia mampu melindungi kulit dari sinar ultra-violet dan zat-zat yang merangsang terjadinya tumor pada kulit. Manfaat ini juga diperoleh bila teh hijau itu diminum. Pada waktu ini sudah ada krim kulit pelindung terhadap sinar ultra-violet yang mengandung komponen teh hijau yang dinamai epigallo.

29. melindungi daya ingat (ini sepertinya berhubungan dengan yg no. 8)

Teh hijau tampaknya juga menjaga otak tetap ‘tajam’ dari bahaya kepikunan. Orang dewasa yang minum teh hijau setidaknya dua cangkir sehari tampaknya tidak punya masalah kognitif serius dibanding mereka yang minum teh kurang dari jumlah tersebut. Kenapa? Sekali lagi karena antioksidan dosis tinggi yang terkandung dalam teh yang memerangi radikal bebas yang berpotensi merusak saraf otak seperti yang tampak pada penderita Alzheimer dan Parkinson.

30. Melindungi lapisan kulit lambung.

Studi epidemiologis juga menunjukkan bahwa mereka yang minum teh hijau secara teratur berisiko rendah terkena kanker pada lapisan kulit lambungnya. Ini disebabkan karena kemampuan EGCG mencegah terjadinya kanker pada kelenjar di permukaan lambung.

nah, itu dia beberapa point manfaat teh hijau yang telah gw baca dari macam2 sumber, hehe. tapi inget lho, sesuatu itu biasanya ada (+) dan (-) nya, hehe. kaya teh hijau ini.

jadi,  efek samping dari teh hijau ini adalah, menimbulkan  stress oksidatif dan keracunan hati pada dosis tertentu, oleh sebab itu jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Wanita hamil sebaiknya jangan minum teh hijau. Perlu juga untuk diperhatikan bahwa teh secara umum dapat menghambat penyerapan obat-obatan tertentu, sehingga perlu diberi jarak sekitar 2 jam antara mengkonsumsi obat dengan minum teh.

oh ya, hampir lupa, masih ada hal penting lainnya tentang teh hijau ini, diantaranya :

cara mengkonsumsi

Riset menyarankan bahwa cara mengkonsumsi teh hijau yang baik dan sehat adalah dengan menyeduh daun teh hijau yang masih segar, dan diamkan selama 5 menit sebelum diminum.

seberapa banyak

Badan-badan penelitian dan klinik-klinik kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi sekitar 3 sampai 5 cangkir teh hijau dalam sehari untuk memperoleh efek maksimum. Selain diminum, disarankan juga menambahkan daun teh hijau di dalam sayuran untuk dimakan.

untuk siapa

Teh hijau mengandung kafein. Walaupun kandungannya lebih sedikit dibanding kopi atau teh hitam, sekitar seperempatnya. Namun patut diingat bahwa konsumsi kafein berlebihan melalui teh hijau juga tidak baik. Oleh sebab itu, bagi penderita penyakit ginjal, hati, ulu hati, atau sering gelisah, sebaiknya hindari minum teh hijau. Begitu juga dengan wanita hamil dan menyusui, lebih baik tidak minum teh hijau (yang ini sudah gw bilang kan ya diatas). Kafein terbukti memiliki kontraindikasi dengan berbagai macam obat-obat preskripsi termasuk obat untuk darah tinggi, jantung, depresi, sedative, dan oral kontraseptif. Dalam dosis yang besar, teh hijau terbukti memiliki zat yang dapat memicu penggumpalan darah seperti terdapat dalam obat aspirin dan warfarin. Bagi kalian yang tengah mengkonsumsi obat atau terapi pengobatan diatas, sebaiknya konsultasi dahulu dengan doktersebelum mengkonsumsi teh hijau.

Patut dihindari saat minum teh

  • Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
  • Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang.
  • Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.
  • Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.

Wusshh, panjang jg yah, hehe. semoga cukup menjelaskan dan memberi info yang bermanfaat buat kalian yang sengaja ataupun ga sengaja mampir kesini, hehe.

so, tunggu apalagi? mari kita memulai sebuah langkah untuk hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang juga sehat (tentu dengan dosis yang tidak berlebihan ya)

postingan ini tentu ga akan ada tanpa bantuan dari situs2 berikut (jadi, gw mengucapkan terimakasih yang sebanyak2nya) :

http://jalanasik.com/content/view/329/35/

http://www.tempointeraktif.com/hg/info_sehat/2010/03/03/brk,20100303-229470,id.html

http://www.apoteker.info/Pojok%20Herbal/teh_hijau.htm

http://www.kabarinews.com/article.cfm?articleID=32128

http://www.son.web.id/2007/08/20/6-alasan-minum-teh-hijau/

http://www.duniaflexter.com/tehhijau.php

akhir kata, semoga postingan ini bermanfaat, sedikit ataupun banyak. have a nice day, people. cu around…😉

10 thoughts on “Green tea time. anyone? :)

  1. wahahaaa…baru aja mau bilang, “ti, yg paling efektif itu olahraga” hueheheeee… (pengalaman pribadi😛 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s