Ada apa ya dengan Pisang?

Selamat siang, mari kita awali postingan kali ini dengan sebuah pertanyaan : kalian uda makan siang? hahaha, ga penting yah? tapi ini jg gara2 gw baru banget makan siang, i’m starving. kuliah seharian emang paling bisa bikin kelaparan melanda, huhu…

eniwei, kalian pasti tau pisang kan? buah dengan 1 rasa tapi beraneka namanya itu lho (well, kayanya semua buah di indonesia ini berkarakter seperti itu deh, haha). pisang raja, pisang lampung, pisang ambon, pisang blablabla, hihi. nah, entah ada apa gerangan, barusan banget gw dapet artikel yang iseng gw search dr Om google. ini tentang pisang. kenapa gw smpe post tentang ini? nah, alasannya adalah karena info yang gw dapet dari sini berlawanan dengan apa yang gw tau sejak lama. for your information, yang gw tau kan pisang itu mengandung banyak lemak (i dunno, lemak or karbohidrat or apapun itu yang ga bagus untuk orang yang emang ingin kurus). nah, sedangkan info yang ini beda sekali dengan apa yang gw dapetkan.

for detail, please read this!

Mengkonsumsi pisang di pagi hari atau the morning banana diet kini sedang populer. Teknik melangsingkan tubuh yang diperkenalkan di Jepang ini cukup efektif menurunkan berat badan meski tanpa olahraga. Seperti apakah metode diet ini?

Hitoshi Watanabe dari Tokyo, Jepang, adalah orang yang pertama kali memperkenalkan metode diet ini.
Pada prinsipnya, diet ini sangat sederhana. Saat sarapan pagi, kita hanya perlu mengonsumsi pisang dan minum air putih hangat. Di siang dan malam hari, kita boleh makan apa pun, ngemil pun boleh. Pantangannya hanya satu, jangan makan di atas jam delapan malam dan hindari es krim, produk olahan susu, alkohol, atau dessert setelah makan malam. Camilan manis boleh disantap tapi hanya di siang hari.

Metode diet ini sangat populer, karena tidak dimasukkannya unsur olahraga. Para pelaku diet hanya disarankan untuk berolahraga bila memang mau dan hanya boleh melakukan olahraga yang tidak membuat stres. Pokoknya santai.
Cukup banyak orang yang mengakui keampuhan metode diet ini, salah satunya penyanyi opera asal Jepang, Kumiko Mori, yang mengaku berat badannya turun 6,7 kilogram setelah menerapkan diet pisang ini dalam waktu singkat.
Ada banyak versi yang mencoba menjelaskan mengapa diet pisang ini bisa mengurangi berat badan. Salah satunya teori yang menyebutkan bahwa pisang mengandung enzim yang bisa mempercepat proses pencernaan dan buang air besar, yang berakibat pada turunnya berat badan.

Memang benar makanan berserat, termasuk pisang, bisa membuat sistem pencernaan bekerja lebih cepat dan seluruh makanan tidak diserap semua, juga kalori. Namun para ahli berpendapat berkurangnya kalori tidak akan berpengaruh banyak pada penurunan berat badan.

Sementara itu teori lain menyebutkan penyebabnya adalah zat tepung yang membuat perut selalu terasa kenyang dan meningkatkan pembakaran lemak. Zat tepung ini secara alami bisa kita temukan dalam makanan berkarbohidrat seperti pisang hijau, kentang, biji padi, dan buncis, tapi hanya bila kita makan dalam keadaan dingin. Zat tepung ini akan membuat pencernaan terjadi di usus kecil dan langsung ke usus besar.

see? ngerti kan sekarang kenapa informasi ini penting? haha, well, sepertinya cara diet yang 1 ini patut untuk gw coba, ehmmm… *amien, haha

have a nice day, people😉

2 thoughts on “Ada apa ya dengan Pisang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s