Tidur oh tidur…

Helloooo, gud afternoon. gw menyempatkan posting di sela2 jam kantor yang alhamdulillah sedang tak terlalu sibuk, hehe.

ini adalah janji gw untuk memposting tentang kesehatan. yap, ini salah satunya yg sedang melanda gw (haha, bahasanya). tidur tidur tidur, fiuh. 5 huruf ini betul2 sedang gw kangenin sekarang ini, bukan karena gw ga pernah tidur sekarang2 ini, tp lebih kepada bahwa ge merasa gw kurang tidur.

well, dari kita lahir smpe seumuran sekarang, tidur itu memang merupakan kebutuhan hidup kan? kaya stok energi untuk keesokan harinya. dan salah satu cara untuk istirahat. nah, dr salah satu situs yg berhasil gw googling, ternyata tidur ini memang esensial sekali dalam hidup kita.

pertanyaan pertama, kalian tau ga kenapa waktu tidur itu malam hari? i mean, secara general ya, tidur siang ga masuk itungan kalo yg ini, haha. jawabannya adalah, karena memang tidur itu identik dengan mengistirahatkan mata, dan kalo siang kan ada matahari, jd memang bukan waktu yg sangat tepat untuk tidur. itu lebih tepat untuk beraktivitas. ga usah protes deh (haha), soalnya kalo lo tidur di siang hari, itu menurut gw ga produktif bgt, kecuali kalo lo lg dalam keadaan sakit or memang ekstra cape sehingga tidur kapanpun ga masalah.eniwei, gw jg dapet informasi tentang ini. begini katanya :

Mematikan lampu ketika tidur malam yang gelap diam-diam berkolaborasi dengan tubuh. Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan Melantonin, salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.
Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari – sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melantonin terhenti. Biolog Joan Roberts menemukan rahasia ini setelah melakukan percobaan pada hewan. Ketika hewan diberi cahaya buatan pada malam hari, melantoninnya menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Rupanya, cahaya lampu – seperti juga TV – menyebabkan hormon menjadi sangat lelah. Oleh karena itu, selain menghemat energi,dengan mematikan lampu ketika tidur merupakan cara alami untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Nah, mengerti kan kaitannya? hehe, yah itu bs jd salah 1 alasan baik kenapa tidur itu memang malam hari. walopun ada lampu sih sebenernya, hihi. ayo2, yg masih suka ketakutan dan masih menyalakan lampu kamarnya, matiin aja ya , nak. kan buat matamu jg😛

next, masih tentang tidur. ada pernyataan dr sebuah situs, seperti ini :

Tidur mempengaruhi metabolisme tubuh dan merangsang daya asimilasi. Itulah sebabnya jika tidur berlama-lama malah tidak sehat, karena tubuh kita menyerap/ mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor lagi, sehingga jika kita tidur kelamaan maka akibatnya kita bukan menjadi segar bersemangat tetapi malah loyo. Disarankan untuk menata selang-selang (periode) aktivitas dan istirahat menjadi lebih pendek. Contoh yang terbaik adalah apa yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW, beliau biasanya pergi tidur tidak terlalu malam kemudian bangun beberapa saat setelah lewat tengah malam untuk melakukan salat tahajud, besoknya beberapa saat menjelang tengah hari beliau tidur sejenak.

Nah, itu kan kalo kebanyakan, gimana kalo kurang tidur (kaya gw, hiks) ? intinya sih, guys, ga ada sesuatu yang kalo uda BERLEBIHAN akan menjadi baik. justru sebaliknya kan? yg berlebihan itu emang ga baik. mau itu kekurangan atau kebanyakan, hehe. seperti yang di bilang sm sebuah situs :

Secara ilmiah pun beberapa penelitian telah membuktikan, kurang tidur atau justru kebanyakan tidur, ternyata berisiko terhadap kesehatan jantung. Demikian terungkap dari hasil penelitian yang melibatkan 72.000 orang perawat sebagai samplingnya Wanita yang tidur kurang dari 5 jam setiap malamnya, ternyata memiliki risiko lebih tinggi 39% terkena penyakit jantung dibandingkan dengan perempuan yang tidur 8 jam. Sedangkan, wanita yang tidur kurang dari 6 jam memiliki risiko lebih tinggi 18% terkena sumbatan arteri.

Sedangkan orang yang tidur sembilan jam atau lebih, diperkirakan memiliki risiko lebih tinggi 37% terkena penyakit jantung. “Masyarakat seharusnya mulai berpikir bahwa jumlah jam tidur yang cukup bukanlah suatu yang berlebihan, namun sebagai gaya hidup sehat,” ujar Dr. Najib Ayas, spesialis kelainan tidur lulusan Harvard, yang kini bekerja di Brigham dan rumah sakit (RS) wanita di Boston, yang juga merupakan lokasi penelitiannya seperti dikutip kantor berita AP.

well, ada hal diatas yang baru kalian tau? hehe. sebenernya mungkin itu bukan isu baru ya di dunia kesehatan, cuma kan emang banyak jg yang belum tau. dan salah satu isu baru adalah bahwa KURANG TIDUR BISA MENYEBABKAN KEGEMUKAN. ouch… u know what im thinking? agak2 kebalikan kan dengan apa yang udah biasa kita denger? soalnya yg sering gw denger adalah, kurang tidur itu bs bikin kurus, entah dimana korelasinya ya? hohoho…

dari isu yg gw bilang diatas, ternyata memang masuk akal menurut gw. ini infonya :

“Orang yang tidur kurang dari delapan jam sehari menunjukkan gejala-gejala menjadi lebih gemuk,” kata Dr Shahrad Taheri, salah seorang peneliti yang menuliskan riset ini di journal Public Library of Science Medicine.
Hal ini disebabkan karena orang yang tidur dalam waktu pendek memiliki kandungan ghrelin lebih tinggi dan kandungan leptin rendah. Ghrelin adalah hormon yang memicu meningkatnya nafsu makan, sedangkan leptin, sebaliknya, menyetop keinginan seseorang untuk makan.
Nah, bila kandungan ghrelin seseorang tinggi, ia akan merasa lapar terus menerus. Padahal dalam kasus orang kurang tidur, leptin menjadi rendah, jadi tidak ada hormon yang menghentikan keinginan makan itu.
“Bila Anda tidak kekurangan tidur, Anda akan lebih mudah mengendalikan rasa lapar Anda dan menjaga agar tidak menjadi terlalu gemuk,” ujar Dr. Eve Van Cauter, seorang Profesor Kesehatan di Universitas Chicago, yang terlibat dalam riset.

well, berita kurang bagusnya adalah, gw merasakan hal tersebut, huaaaaaa!! i mean it, itu semua memang sangat masuk akal lho. ini gw bilang gini karena sudah mengalami sendiri, dan bukan cuma 1-2 kali, tapi berkali-kali. so, jangan ditiru, hehe. buat kalian yg keseringan bergadang untuk hal2 yg ga terlalu penting, mnding cepet2 aja dirubah, untuk alasan kesehatan tentunya.

anw, selain itu jg, kurang tidur itu bisa jg dengan alasan karena memang susah tidur (yg menurut gw itu sangat disayangkan sekali apalagi ketika kalian memang punya waktu yang luang untuk tidur). dulu2, gw juga punya masalah dengan ini. ya, dengan susahnya tidur, itu akan membuat jadwal jd molor. i mean, yg harusnya kita tidur jam 11 or 10 malem dan bangun pagi bisa jam 5 or 6, ini harus jd bangun jam 9 or 10 cuma karena baru bisa tidur jam 3 or 4 pagi. sayang kan? iya, sayang banget. apalagi kalo yg ada jadwal kuliah pagi, bisa dipastikan akan  jarang mandi pagi, haha (curcol :P)

ada beberapa tips untuk kalian yang memang susah tidur, ini diantara nya :

-Mandi air hangat –> “Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu tidur,” ungkap Paul Martin, penulis buku baru Counting Sleep.

– Tetap pada waktu tidur yang sama –> Para ahli tidur yakin pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama secara teratur adalah penting bagi tidur sehat *(as i told u before)

– Minum susu hangat sebelum tidur –> Minum susu hangat dapat mendorong kantuk karena susu mengandung unsur pendorong kantuk. Hindari minum terlalu banyak alkohol *jangan dugem makanya, LOL

– Membeli tempat tidur baru –> Jika tempat tidur Anda lebih dari 10 tahun, pertimbangkan untuk menggantinya. Struktur tempat tidur akan memburuk sampai 70 persen yang menyebabkan gangguan tidur dan kemungkinan merusak tulang belakang.

– Hubungan seks –> Jika Anda stres, khawatir, atau hanya tidak bisa tidur, lakukan hubungan seks. Ada bukti ilmiah yang kuat, orgasme mendorong mengeluarkan endorphins, suatu kimia yang dikeluarkan otak yang bertindak sebagai painkiller efektif *khusus untuk yang sudah berkeluarga saja ya, hahaha

– Cobalah membaca novel –> Atau bacaan lain yang Anda senangi. namun jangan membaca buku-buku bermateri rumit. Anda akan terus memikirkannya *nice tips

– Menulis tugas-tugas besok hari –>Dibanding Anda menghabiskan malam hari mengkhwatirkan tugas besok hari, sebaiknya menulis daftar tugas dalam pikiran, sehingga otak mampu untuk istirahat di malam hari. Ini mencegah otak aktif dan menghentikan kekhwatiran sepanjang malam.

– Hindari makan sebelum tidur –> Makan di larut malam dapat merangsang pencernaan, membuat Anda terjaga sepanjang malam. Menutut Paul Martin pencernaan dapat meningkatkan temperatur tubuh dan membuat tubuh dan otak bekerja.

– Tidur di ruangan gelap dan tenang –> Untuk menjamin tidur malam yang panjang dan tidak terganggu, cobalah tidur di tempat gelap atau dengan lampu yang tidak terlalu terang karena hormon tidur akan dikeluarkan otak selama berjam-jam di kegelapan sekalipun Anda tengah terjaga

yap, selesai sudah, hehe. semoga bisa memberi gambaran betapa tidur yg baik dan normal itu penting, hehe. cu around, guys. have a nice Wednesday😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s