TIFOID ini hampir membunuhku *ok,i’m over to that word*

gud morning. it’s Monday. semangat baru harusnya ya. ga nih, ga buat gw😦

eniwei, postingan kali ini khusus gw mau bahas tentang si TIFOID atau biasa kita kenal dengan TIPES. mulai dari mana ya gw? uhmmm, bentar2. dari awal aja ya…

Penyakit tipes disebabkan oleh Bakteri Salomenella Typhosa (keren yah namanya? wow, harusnya nama sekeren itu ga nyebabin penyakit sebegininya). Kuman ini lebih banyak menular lewat makanan dan minuman, tinja dan air seni yang dibawa oleh lalat. Kuman Sallomella termasuk genus bakteri entrobakteria gram negatif yang berbentuk tongkat dengan masa inkubasi kuman dalam tubuh 5-12 hari. Nama keren bakteri tipes diberikan oleh Pak tua Edward Salmon, seorang ahli patologi dari Amerika, walaupun rekannya theobold Smith yang pertama kali menemukan bakterium pada Tahun 1885 pada tubuh babi.

nah, waktu gw kena penyakit ini (okey, biarkan aja artikel ini jd catatan pengalaman pribadi sakit seorang Tia, haha lebay), yang gw rasain adalah :

1. demam (pasti lah ya) mungkin sekitar 37-40 derajat Celcius,

2. pegel2 di badan yang sumpah rasanya ga nyaman banget,

3. pusing yang teramat sangat, sampe mau pingsan pas dipake jalan,

4. mual2 (makanya gw sampe muntah2 ga ketulungan),

5. perut berasa kembung dan sakit (meragam) secara bersamaan,

6. diare juga

seinget gw sih itu semua yang gw rasain kmaren2. dan FYI, saat itu juga *ternyata* gw juga didiagnosa oleh dokter terkena penyakit Demam Berdarah. well, penyakit itu bukannya ga bahaya sih, cuma aja karena sampe sekarang gw masih merasa efek si TIPES ini, jd gw lebih tertarik membahas si TIPES dibanding si DB, hihi.

selama genap 5 hari gw dirawat di RS, dan rasanya menderita banget deh (soalnya tiap hari kan kudu cek darah tuh *ini hubungannya sm DB*, yang mana gw sangat amat benci dengan jarum suntik, huks). juga dengan infus yang pada hari pertama bener2 menggila cairannya. gw inget deh, instruksi si dokter ke suster kalo dalam 2 jam gw harus di kasih 6 botol (bukan bentuk botol jg sih, apa ya namanya? hihi) cairan infus. menderita aja kudu bolak balik toilet dengan bawa bawaan sejenis infus yg jarumnya nempel dtangan (kalo ga nempel kan bs maen gw copot2 aja tuh, haha bangor!)

well, abis keluar dr RS, gw bedrest di rumah untuk sekitar 2 minggu. merasa baikan *sedikit* gw akhirnya balik bandung lg. ga nyaman aja meninggalkan kantor, kuliah, dan berbagai urusan lain selama itu (coba pikir, 3 minggu tuh lama kan ya?). dan ternyata di kantor emang lg banyak kerjaan, ga bs nolak untuk lembur karena perasaan ga enak tea. ga enak uda lama ga masuk, ga enak ini, ga enak itu. jadilah gw lembur tuh. kalo ga salah mungkin 4x dlm 1 minggu kmaren. alhasil, Jumat siang di saat gw sedang berkumpul bersama2 teman2 kul s2 gw, mreka pada komentar kalo gw pucet blablabla. yg aneh, ada salah satu dr mreka yg nyuruh gw menjulurkan lidah (wew). trus tiba2 dia berteriak : Tia, itu lidah lo putih, masih tipes itu. sana pulang, mending istirahat deh. blablabla… jadi, gw tambahkan 1 point di tanda2 sakit tipes ya, yaitu lidah penderita kotor, mungkin jd putih dominan.

ya, detik itu jg gw merasa badan gw kenapa2 *lagi*. dan dengan kesadaran sendiri  akhirnya gw ke dokter juga (yg biasanya gw harus di paksa dulu oleh semua orang buat ke dokter,hihi). disana, si dokter minta gw test darah *lagi* (menyebalkan sekali deh). dan hasilnya, ya seperti yg sudah bisa ditebak. masih + di bagian indikatir penyakit tipesnya. seperti biasa, si dokter cuma pesen : bedrest dulu, kamu ga mau sakit tipes smpe 2x kan? full bedrest. karena cuma itu obat paling manjur untuk sakit tipes.

pesan dari gw nih, buat yg kena penyakit ini, atau terkena gejalanya, atau apa yah? haha ga jelas banget. pokoknya gw cuma mau berpesan, jangan beli makanan di sembarang tempat, lilat2 dulu lah tempatnya, kalo bisa masak sendiri lebih bagus. dan kalo badan lo uda mereject diri dr kesibukan2 karena merasa terlalu lelah, lo harus nurut sm dia. come on, badan lo kan bukan mesin *jie, lg curhat nih gw kayanya, haha*

ah, sudah cukup kayanya. pamit ya, masih ada yg harus dikerjakan.

have a beatiful Monday😉 cup😀

Leave a Reply

