Antara Bandung-Bendung Katulampa, dan tidur yang hanya 2 jam, ouch…

Bandung sedang cerah sekali seharian ini, pasnya kalo gini, ga ada ngantuk2an deh ya, hihi.

eniwei, gw mau cerita lagi nih. another trip when i did ‘a surveying’. Kamis kmaren, gw dan tim mengadakan survey untuk penelitian ke jakarta dan bogor.di jakarta gw ke tempat yang namanya BBWS, tau ga? hehe. itu singkatan dari BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI, kebetulan karena penelitian gw tentang Ciliwung, jadilah yang dikunjungin BBWS ciliwung dan cisadane yang ada di jakarta timur, tepatnya di daerah kalimalang.

eniwei lagi, judul penelitian gw ini adalah (sebenernya bukan cuma 1 sih, tp kayanya yang ini yang paling gw ngerti, hahaha) :

Pengembangan Peta Resiko Banjir bagi Sistem Peringatan Dini Bencana Banjir Wilayah Perkotaan

wow wow, masalah banjir nih, salah satu masalah yang kayanya berat bgt buat orang2 jakarta khususnya dan masyarakat indonesia pada umumnya. entah kenapa, kok kayanya krusial sekali tapi jg ribet yah? hehe. gw inget banget deh, semboyan2 ‘dilarang buang sampah sembarangan’ dan lalalala yang semuanya buat mendukung gerakan mencegah banjir. tapi, mau ga mau kalo itu uda dateng, ga ada yang mau tanggung jawab kan?

well… penelitian gw ini bukan ke gimana caranya mencegah banjir or solusi supaya banjir ga terjadi (selalu ada faktor2 alam kan, guys? seperti curah hujan dan kawan2nya. jangan lupa itu), tapi adalah untuk membuat peta risiko banjir yang mana tujuannya adalah untuk mitigasi banjir. sebenernya penelitian gw ini khusus mengambil lokasi di Kebon baru jakarta selatan. Dan akan lebih  ditekankan pada prediksi bahaya, kerentanan,  dan resiko pada daerah ini.

lhooo, kenapa jd kepanjangan yah ngomongin tentang penelitian gw? hihi, uda lah ya, mari kita melaju ke hal lain yang masih berhubungan. kan intinya jg mau sharing, hehe. jadi, gw ke BBWS itu hamppir menghabiskan setengah hari. dari jam 9 pagi – 3 sore. dan data2 yang dibutuhin buanyaaaaaaaaakkk bgt, hiks… untungnya, pihak disana mau nolongin untuk mengcopykan karena itu data ga bole dibawa pulang dan jg ga mungkin gw harus nungguin di tukang fotocopyan. walopun jd butuh waktu berhari2, gpp deh, demi… hehe

abis selesai dr BBWS, tempat tujuan selanjutnya adalah Bogor ke Bendung Katulampa. gw agak2 susah deh buat inget2 nama bendung ini, entah kenapa, haha. well, kalian tau artinya bendung kan? beda lho sama bendungan. kalo bendung itu bukan untuk menampung air kaya fungsinya bendungan, tapi untuk meninggikan muka air dimana nantinya si air ini digunakan lebih lanjut untuk keperluan hidup manusia, seperti irigasi, rumah tangga, PLTA, dan lain-lain. nah, yg seru disana adalah, banyak airnya, wuahahaha, jawaban konyol bgt deh, bukan koookkk, bukan itu, gw ga serius. seru aja kayanya ngeliat si bendung ini lagi dikuras. dan kalian jangan bayangin kalo nguras bendung sama aja kaya nguras bak kamar mandi yah, hehe. perlu situasi2 tertentu dan hal2 khusus yang jg disiapkan. liat ini deh…

sedimen di Bendung Katulampa

sedimen di Bendung Katulampa

katanya bapak2 penjaga pintu air disana, bendung ini dikuras setiap 10 hari sekali. wah… sering jg yah, hehe. ini kan bukan bak mandi, jadi bisa 10 hari sekali aja kayanya berat bgt, hehe.jadi, pada saat dikuras, si sedimen2 ini di angkutin dan dimasukin ke dalam karung trus ditaro dipinggir kali deh. buat apa yah? hehe, i dunno😛

eniwei, bendung ini ada 2 pintu. yang pertama untuk aliran ke jakarta (yang sepertinya merupakan salah satu pemicu jakarta banjir dengan alasan ‘dapet kiriman dari Bogor’, hihi), dan satu lagi yang ke Bogornya sendiri dan emang digunakan untuk keperluan mereka, seperti yang uda sempet gw bilang sebelumnya.

kali yang menuju Jakarta (gpp ya ada gambar gw nya, haha)

kali yang menuju Jakarta (gpp ya ada gambar gw nya, haha)

itu dia kali yang menuju jakarta. jadi, pada saat pengurasan, di pintu air yang ke arah jakarta dibuka, sedangkan yang ke arah Bogor ditutup. mereka pake karung2 yang dijejer sepanjang beberapa meter untuk metode pengurasan (yang sepertinya juga berfungsi untuk mengarahkan si air ke pintu air yang terbuka dan menenangkan aliran daerah yang akan dikuras), kaya gini kira2 :

nah, itu dia yang gw bilang karung2 berjejer beberapa meter

nah, itu dia yang gw bilang karung2 berjejer beberapa meter

pintu air ke Bogor untuk keperluan irigasi, dll

pintu air ke Bogor untuk keperluan irigasi, dll

sebelum gw kelupaan, ada hal penting lain nih mengenai banjir dan risikonya. jadi, di deket pintu air Bendung yang menuju ke Jakarta, ada tanda2 (semacam warning gitu) yang digunakan sebagai peringatan dini bagi penduduk dan juga bagi keadaan sekitar. liat dulu gambar ini deh ya…

kaya lampu lalu lintas yah? heu...

kaya lampu lalu lintas yah? heu...

jadi, kalo air sampe ke warna ijo, itu artinya waspada. trus kalo sampe ke biru disebut siaga 1, dan seterusnya dan seterusnya, hehe. nah, dari si warna2 ajaib ini pula, si tukang jaga pintu itu bisa segera mengabarkan ke ‘yang berkewenangan’ di jakarta atas situasi tersebut.

nah…sedikit dapet gambaran ga? hehe, kalo belum, bisa dateng langsung kesana, haha.

singkat cerita, gw sampe bandung jam9 malem. dengan keadaan badan yang asli tepar banget. and u know, masih aja ada kerjaan yang harus gw selesaikan malam itu juga. ouch.. poor me! jadi gw masih autis depan laptop di kantor sampe jam12 malem, trus buru pulang kekos, dan lagi2 harus manjat pager demi untuk bangunin si bapak satpam. huhu…

sampe jam 4 pagi, si kerjaan belum jg beres sebenernya, tp mata gw berkata lain, uda asli ga sanggup gw nerusin ini kerjaan. akhirnya, tidur jg deh sampe jam6. bangun2 cuma buat sholat trus sempet tidur lagi, dan kelabakan karena jam sudah menunjukkan waktu rapat sudah dekat. fiuh…what a day! ouw… untung aja ke Bendung Katulampa, seenganya cape gw terbayar liat pemandangan disana yang lumayan beda dengan di kota😀

2 thoughts on “Antara Bandung-Bendung Katulampa, dan tidur yang hanya 2 jam, ouch…

  1. guuud…guudd… jadi bisa langsung kopi-paste buat bikin resumenya, hehehe… wew😛

Leave a Reply

