males sikat gigi bisa nyebabin sakit jantung??

gw memulai menulis ini dengan radio on di telinga via HP gw tercinta, hehe.

awalnya gw tertarik dengan topik itu adalah karena gw pribadi adalah orang yang sangat menjaga kebersihan gigi gw. dimulai dengan menyikat gigi sebelum tidur, bangun tidur (dengan catatan gw uda sarapan) dan setelah makan (kalo yg ini emang masih kadang2 sih, hue3). intinya, gw ga sikat gigi pas mandi (seperti ajaran yg dari kecil gw dapet). entah kenapa menurut gw, itu salah aja😀

and, siang ini, disaat kantor gw mulai menampakkan kesepiannya karena entah kenapa mp3 di komputer gw mati mendadak, gw ambil HP gw buat setel radio. gw emang ga bisa deh sepi sedikit aja, bs2 malah jd tidur. eh ga juga deng, tidur pun gw tetep butuh musik, hahaha. okay, back to our topic, tema tentang sikat gigi ini gw dapet dari siaran radio yang lg gw denger. apa yah? lupa, hahaha… intinya si penyiar ini bilang kalo males sikat gigi bisa berakibat ke penyakit jantung. well…ga ngerti apa hubungannya (seperti yang dibilang sm di penyiarnya juga :P), gw mencoba mencari lebih jauh melalui Bang Google. dan inilah yg gw dapet :

“…

Bakteri yang berasal dari jaringan penyangga gigi dapat masuk ke pembuluh darah dan dapat berjalan keseluruh organ vital dan menimbulkan infeksi.

Akibatnya, ini akan memperbesar risiko penyakit jantung, stroke, meningkatkan kecenderungan wanita hamil melahirkan prematur dan bayi dengan berat badan kurang, serta meningkatkan ancaman bagi pasien-pasien yang menderita diabetes, penyakit saluran pernapasan, dan osteoporosis,”kata Bobby

Ada beberapa teori yang menyatakan hubungan antara penyakit di mulut dengan penyakit jantung. “Salah satu teori menyatakan bakteri dari mulut (oral bacteria) ketika masuk ke dalam pembuluh darah akan menempel pada timbunan lemak di pembuluh arteri jantung dan akan menimbulkan bekuan”. Jelas Bobby

Karakteristik penyakit jantung koroner adalah menebalnya pembuluh darah koroner jantung yang disebabkan timbunan lemak. “Ini akan menghambat aliran darah ke jantung, sehingga nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan jantung menjadi terhambat, yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung.”

Kemungkinan lainnya, pembengkakan yang terjadi akibat penderita periodontal meningkatkan timbunan lemak, yang mengontribusi pembengkakan arteri. “Orang yang menderita penyakit periodontal, berisiko 2 kali lebih besar menderita penyakit jantung koroner di bandingkan yang tidak.” Jelas Bobby

…” klik dsini buat lengkapnya

nah, ngeri juga ya? hehe…

gw juga dapet tentang mekanisme penyebarannya, dengan kata lain kenapa bisa ‘nyambung’ antara kedua hal itu yang memang sepertinya ga nyambung kan…

” …

Penyebaran penyakit dari gigi ke organ tubuh lain dapat dijelaskan lewat teori fokal infeksi.
Fokal infeksi adalah infeksi kronis di suatu tempat dan memicu penyakit di tempat lain. Racun, sisa-sisa kotoran, maupun mikroba penginfeksi bisa menyebar ke tempat lain di tubuh seperti ginjal, jantung, mata, kulit. Dampak penyakit gigi pada jantung dapat berupa penyakit jantung koroner, peradangan otot, serta katup jantung (endokarditis).
Bakteri yang terikut aliran darah bisa memproduksi enzim yang mempercepat terbentuknya bekuan darah sehingga mengeraskan dinding pembuluh darah jantung (aterosklerosis). Bakteri dapat juga melekat pada lapisan (plak) lemak di pembuluh darah jantung dan mempertebal plak. Semua itu, menghambat aliran darah serta penyaluran sumber makanan dan oksigen ke jantung, sehingga jantung tak berfungsi semestinya.
Gejala awal dapat berupa nyeri dada, meliputi rasa seperti terbakar, tertekan, dan beban berat di dada kiri, yang dapat meluas ke lengan kiri, leher, dagu, dan bahu. Nyeri dada juga terasa di bagian tengah dada selama beberapa menit. Setelah kejadian biasanya diikuti rasa mual, muntah, pusing, keringat dingin, tungkai serta lengan menjadi dingin, napas terengah-engah, dan sesak napas.
Angina berkepanjangan akan menjurus ke serangan jantung (miokard infark). Namun sering kali penyakit jantung koroner berlangsung tanpa adanya gejala, ia tidak menimbulkan masalah sampai keadaannya sudah parah.
Kemungkinan lain, reaksi peradangan yang disebabkan oleh penyakit gigi meningkatkan pembentukan plak yang memacu penebalan dinding pembuluh darah. Penelitian menunjukkan, orang dengan penyakit gigi mempunyai risiko dua kali lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner.

… ”

klik disini kalo mau tau lebih detail..

nah, sedikit uda terbuka nih tentang hubungannya 2 hal tersebut…hmm…sakit gigi jadi nyambung kemana2 deh.jadi lebih… apa ya? takut or berhati2. berhati2 dan lebih memperhatikan gigi sendiri dong, pastinya! 😀

makanya, buat kalian yang masih blm perhatian sm gigi sendiri, mulai sekarang perhatiin gigi kalian dengan labih baik, hehe🙂

3 thoughts on “males sikat gigi bisa nyebabin sakit jantung??

  1. ini artikel pasti deh.. buat gw yaaaa😛 hehehehe. iya non iya, rajin gosok gigi sekarang, tapi mandi nya tetep males😛 weee hahahaha

  2. Selamat sore,
    Obat Alami untuk penderita sakit gigi dan jantung bisa dengan PROPOLIS . Hanya ingin berbagi info, senang rasanya kalau orang lain juga memperoleh solusi yang efektif dan aman serta terbebas dari masalah kesehatan.
    Setelah membaca banyak artikel mengenai Manfaat Propolis saya semakin yakin bahwa Insya Allah Propolis bisa membantu penyembuhan penderita sakit gigi & jantung & segala macam penyakit yang lain (luar dalam). Propolis memiliki manfaat yang berfungsi sebagai:
    1. Antibiotika Alami (Anti infeksi, antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur)
    2. Anti Radang
    3. Anti Alergi
    4. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
    5. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
    6. Nutrisi (memperbaiki dan mempercepat regenersi sel-sel tubuh)
    7. Detoksifikasi (Pembuangan racun dari dalam tubuh)

    Kandungan Bioflavanoidnya yang tinggi pada PROPOLIS (1 tetes setara dengan yang terkandung pada 500 buah jeruk) sangat berguna pada pemulihan system kapilari, kerapuhan dan kebocoron pembuluh darah.

    Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69

    “……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”

    Informasi mengenai propolis kunjungi obatpropolis.com

    Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
    Wslm.Wr.Wb.
    Rahmah

Leave a Reply

