Internet eror, pornografi, and anak SD… apa hubungannya???

Happy Thursday!!

kmaren pagi, gw ditelp nyokap jam8 mungkin. dengan membuat suara seperti ‘sudah bangun dr jam6 pagi’ hehe, gw bilang ‘ya mah, ada apa?’. FYi, gw melakukan itu karena males denger ceramahan nyokap ttg betapa pentingnya bangun pagi la la la. ok2 itu emang bener sih, tp kan yg penting, gw tdk meninggalkan subuh dan yg paling penting, kapan lg bs bangun siang kalo ga pas lg di Bandung, hahaha… (ampun, Mommy)

so, nyokap gw memulai percakapan dengan ‘de, mamah butuh bantuan kamu nih’ bla bla bla… la la la… yang kemudian gw mengerti sebagai kekhawatiran nyokap gw sebagai kepala sekolah SD… melihat ada anak muridnya yang ketauan membawa or mendonlot (i dunno mana yg bener sih) gambar porno di hp nya. dan karena nyokap gw panik, jadilah dia meminta bantuan gw.

hmmm…gw agak2 bingung sih. what can i do to help her?? tp nyokap gw cuma mau tau, gimana anak muridnya bisa kaya gitu, caranya gimana, prosesnya, pencet apa aja, situsnya apa, bla bla bla…yang sepertinya sih, gw cm bs membantu sedikit😦

akhirnya sih, gw sempet ngobrol sm tu anak cowo. dia cm bilang kalo dia ga tau gimana bisa itu gambar porno tiba2 muncul di HP nya. which is gw pahami sebagai ‘ok, im triying to say a bullshit to u’. sayangnya si anak mungkin terlalu bego untuk ngerti kalo gw lebih berpengalaman dr dia, hehe. maksud gw bukan yg gimana2 ya, tp kan kalo pake hp, ga semudah pake komputer kan? dan Hp dia sih katanya tipe Nokia 7610 (sori kalo salah, gw lupa juga sih, hehe)

kesimpulan gw sih, ni anak boong. titik. boong…

dia cuma cari aman aja dr tingkah laku memalukan yg sebenernya emang dia lakuin sendiri. bisa aja kan dia minta kirim pake blutut dr hp syapa gitu. or apalah. yang jelas sih, gw bilang aja ke nyokap gw kalo ni anak boong…

dan yang gw ga ngerti kenapa, kok itu gambar yang katanya uda di donlot, ga bisa di apus. nah lho, seandainya aja gw disana, pasti uda bisa gw ‘apa2in’ deh tuh hpnya…

aneh…

dan lebih aneh lagi, kenapa anak SD uda punya ketertarikan sm hal2 berbau pornografi??

kenapa ya?

apa karena pengaruh teknologi yang makin canggih?

dan kenapa juga anak SD uda dibolehin punya HP?

kayanya kok ga penting bgt ya, anak SD punya hp. buset deh, gw msh aja ga ngerti sm kebijaksanaan para ortu yang memberikan izin anak2 kecilnya untuk punya Hp

gw aja dulu, br punya Hp kelas 2 SMA. yah…beda zaman mungkin ya. tp tetep aja, memberikan alat sejenis HP pada anak kecil, menurut gw kurang bijak aja. dilihat dr berbagai sisi sih…

salah satu kasus ya kasus itu…

lainnya? bisa jd kasus2 pencurian anak (yg kalo jaman dulu pas gw SD, gw dilarang pake kalung emas, bla3). Hp bs jg menurut gw, kan HP gede. lho? hahaha…

ada indikasi memanjakan anak kalo menurut gw pribadi…

kecuali kalo emang, anak itu bisa dipercaya dan bertanggung jawab. ada ga anak kecil kaya gitu jaman sekarang?? sepenglihatan gw, pada manja2 semua…

apa mungkin emang perlu diajarin hidup prihatin ya?πŸ˜›

8 thoughts on “Internet eror, pornografi, and anak SD… apa hubungannya???

  1. Assalamu’alaikum,

    Salam kenal Tia, saya Yudho, maaf niy langsung main kasih comment aja. rasanya ke khawatian mengenai dampak teknologi thd perkembangan sosial budaya memang “ekstrim”, dan yang namanya teknologi sudah jadi komoditas, yang artinya semua level dan usia bisa menikmati, akibatnya teknologi menjadi media penghantar informasi yang “kebablasan”, karena kurangnya kontrol dan pembelajaran. hmmm Saya jadi inget ada sebuah buku yang berjudul ” The World is Flat”, buku itu bilang teknologi membuat batasan itu berkurang.πŸ™‚

  2. Menurutku malah bukan karena memanjakan anak. HP sudah menjadi barang umum yang istilahnya “tukang becak pun punya”. Cuma mungkin hp buat anak-anak mungkin jangan canggih2 kali ya, cukup yang layarnya monokrom saja,,, jadi tidak bisa nampilin xxx…

    Tapi kalo ada training hidup prihatin buat anak2 tampaknya menarik jugaπŸ˜€ sekalian membentuk kepribadian sederhana.

  3. walaikum salam
    iya, kontrol dan pembelajaran emang penting. terutama untuk anak2 kecil (bahkan yg dewasa pun kadang suka kebablasan) hehe
    thanks Mr. yudhos (hehe…i dunno harus panggil apa :D)

  4. hehe…mungkin parameter memanjakan anak buat kita emang beda, n it’s not problem at allπŸ˜€
    tetep aja menurut gw, anak SD ga butuh hp. kalo tukang becak pun mau punya, itu terserah lah yaaaπŸ˜€ hihi…
    dan kalo pun terpaksa banget, bener juga, jangan kasih yg canggih buat anak2, asal cukup bisa telp sm sms ajaπŸ˜€

    yup, hidup prihatin itu kadang diperluin, buat sebagian orang yg kadang ga ngerti makna dan nilai suatu materi yang mungkin bisa mereka dapet dengan gampang kaya ‘sulap’πŸ™‚

  5. stujuuu..kalo emang kepaksa, kasih aja hp yg standar banget..layar monokrom, cuma bisa nyimpen sms sdikit, ga bisa GPRS dan MMS dan batre nya ga tahan lama (buset ngasi HP bekas kali ya,hehehe). Ato kalo nggak kasih aja telfon kaleng skalian..hehe :p

    oke stop becandanya, skarang mode serius : on

    kalo menurutku, anak itu harus diajarin biar dia paham kalo dikasih barang berdasarkan kebutuhan, bukan kemauan. ambil contoh kalo si anak itu emg misalnya pilang kudu dijemput, ya kan otomatis butuh komunikasi dengan org yang ngejemput dia (biar ga terjadi drama2 penculikan anak kaya di sinerton2 indonesia gt deh..hehe). Singkat nya, anak itu diajarin jg buat dikasih pancing, jangan dikasih ikan mlulu. Jadi nanti dia ga akan kaget kalo sang nelayan yang biasa ngasih dia ikan ga ada..

    have a great day, ti πŸ™‚

  6. jaman kita sd dulu mungkin yang paling bener ya… he3x.. ampe kerjain PR aja gak boleh disekolah kalo ketauan tia bisa di laporin guru tuh he3x.. gak nyambung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s