Cerita dibalik Idul Adha tahun ini

Welcome back, hehe
setelah sekian lama gw ga posting, ada yg berubah ga ya dr tampilan blog gw?
terakhir kali gw posting kan, gw lg bt2 nya sama ni blog, abis fotonya gw maen dia ganti2 aja seenaknya😦

eniwei, mlm minggu tanggal 6 des kmaren, gw otw ke Garut, bareng sm keluarga gw
biasa deh, nyokap gw mau kurban disana, so…gw disuru ikut, biar bs kumpul2 aja sih sekeluarga
singkat cerita, hari minggunya gw sama keluarga (papap, mamah, dan kk gw) pergi ke rumah si penjual kambing yang letaknya… kaya di lagu sountrack ninja hatori
masih inget ga? yang gini lho : mendaki gunung lewati lembah itu? =p hehe
jadi, ternyata rumahnya emang agak jauh gitu dr rumah nenek gw, pake acara ngos2an gitu gw pas kesana, fiuh
untungnya masih agak pagi, sekitar jam8 kurang gitu, jd udaranya masih seger (emang selalu seger sih disana, pegunungan gitu)
dan…sampeilah gw di rumahnya yang ga jauh dari kandang kambing yang berniat nyokap beli
dan…akhirnya nyokap gw memutuskan untuk membeli seeekor kambing yang terletak di paling ujung kandang itu
u know what? gw spontan nyeletuk pas ngeliat tu kambing…
kaya gini :

‘wuih…ini kambing kok ganteng ya?’

hahahahaha…sebenernya gw jg jadi rada geli sendiri pas bilang itu
abisnya, gimana bisa gw bisa menilai kegantengan seekor kambing??
pliss deh, kambing gitu… bukan Christian Sugiono or Daniel Redclife…hehe

tapi…untungnya kk gw jg menyetujui celetukan gw itu, dengan bilang :

‘iya ya, emang ganteng’

hahahahaha…ketawa deh kita semua.
apalagi gw sm kk gw yang emang mengeluarkan pernyataan ‘kambing ganteng’ dengan ga tau malunya, hihihi
tapi…gw ga boong lho, tu kambing ganteng (coba gw bisa upload fotonya dia disini, ada di hp bokap sih, dan bokap uda di rumah)
gantengnya ya gantengnya kambing lah ya, mungkin para kambing betina baru bs ngerti apa yg gw omongin
dan bukannya terheran2 kaya kalian pas baca postingan gw yg ini…hihi
Ali aja sampe geli kok pas gw cerita ttg kambing ganteng ini😀

ok, next issue adalah…kejadian di hari Seninnya, pas hari H Idul Adha nya
gw sama keluarga emang biasa sholat Ied ga disekitar kampung nenek gw, kenapa?
lo harus tau deh, ada tradisi aneh disini yang sampe sekarang gw msh ga abis pikir kenapa bisa ada tradisi aneh kaya gitu.

jadi, disana itu (di mesjid gede deket rumah nenek gw, let say yg ini adalah mesjid 1) sholat Ied (baik itu Idul Fitri or Idul Adha), cewe itu ga bisa sholat disana
kenapa? karena ya emang sepertinya cuma diperuntukkan untuk cowo2 aja
kata mereka sih, karena cewe ga diwajibkan, dan cewe itu uda seharusnya ngurus makanan aja dirumah
well…stupid reason kalo menurut gw. setau gw sih, mau cowo or cewe, sholat Ied itu emang sunah
ga ada yang lebih wajib or yang lebih ‘di ga-usah-kan’
ada juga di mesjid yg agak jauh tp masih di sekitar kampung situ (let say ini adalah mesjid 2), semuanya adalah cewe2
jadi imam dan makmumnya adalah cewe2 semua, hehe
ga minat jg gw kesana =p

thats why, biasanya gw sm keluarga itu, uda stand by berangkat dr rumah jam5an buat cari tempat sholat yang emang sih jarakanya itu agak jauh
sampe pake mobil pula kesananya dan butuh sekitar setengah jam untuk sampe sana
yah…namanya juga ibadah🙂

tapi yang terjadi hari itu adalah, kita semua bangun kesiangan
walhasil, jam 6an tuh baru pada siap dan dengan kenyataan jarak tempuh setengah jam, ga mungkin kayanya untuk tetep ke mesjid biasa di luar kampung
jadi, kita2 mencoba ke mesjid 3 yang letaknya lebih jauh dr mesjid 1
tapi….
yah…malu bgt deh, pas sampe sana ternyata sholatnya uda beresss….
hah…tidak!!!
dengan menyesal akhirnya berniat pulang tuh
tapi, ternyata di mesjid 1, sholat Iednya baru akan dimulai
dan…dengan ga pikir panjang, gw, kk sama nyokap ikut aja sholat disana
di halamannya yg masih tanah gitu, karena emang ga ada tempat lagi

and…u know what?
makmum cewe nya ya cuma kita ber3
cuma gw, kk, sama nyokap
hebat amat deh ni kampung =p

yah…seperti yg gw bilang tadi, di mesjid ini emang cewe ga bs sholat
tp kita2 pada masa bodo aja sih
abisnya, ga ada di Alquran or di hadist juga kalo cewe ga boleh sholat Ied
mau debat apa mereka? whew…dasar deh…

tapi, sejujurnya… gw agak2 ngerasa gimana gitu
abisnya semua orang kaya ngeliatin (ya iyalah ya, aneh aja ada makmum cewe cuma 3 ditempat yang emang ga pernah ada makmum cewenya)
yah…what a story… pada akhirnya kita sih cuek2 aja
dan pulang dengan rasa syukur karena masih sempet sholat Ied walo dengan perasaan sedikit ga nyaman
Alhamdulillah…😀

One thought on “Cerita dibalik Idul Adha tahun ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s