Ketika “gue-lu” merajalela…

Ketika “gue-lu” merajalela….. (salah satu tulisan temen gw ‘si Jupri’ yang kocak bgt)

Buat penggemar tayangan televisi “ngelenong nyok” yang ditayangkan di trans tv tiap pagi jam 8,
pasti gak akan aneh ngedenger para lakon tayangan itu berdialog dengan aksen betawi dan “gue-lu”,
itu emang wajar karena tayangan tersebut emang mengangkat tema komedi berlatar budaya betawi….

Tapi perhatiin deh orang-orang yang disekitar kita, yang dari batak, sunda, ambon, sampe papua….
ikut2an latah ngomong pake “gue-lu” ketimbang pake “saya/aku-kamu”…
kesannya gak gaya kalo gak make “gue-lu”…..
dan yang saya perhatikan hampir setiap profile di Friensternya orang Indonesia
banyak banget yang manggil dirinya sendiri “gue” dan orang lain yang diajak bicara “lu”….

Bagaimana sih sebenernya… jangan-jangan waktu kita buka KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata “gue-lu” udah dibakukan jadi EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)…?????
Alamak !!!

Kata saya sih ini ironis… temen2 saya anak gaul  Jakarta umumnya pake “gue-lu”
tapi pas ditanya tentang kebudayaan betawinya sendiri gak tahu…..
gak ada yang salah sih, tapi satu hal ternyata “budaya” betawi bisa juga masuk ke dalam budaya gaul metropolis…
cuman masalahnya budaya yang sebenernya itu kemana?….
kayanya seru aja gitu liat budaya2 Indonesia terlestarikan….
Mungkin udah jauh berkurang kita nemuin hal2 yang “betawi banget” kayak roti buaya, kesenian tanjidor (jadi inget sinetron si doel yang episode waktu si atun nyangkut di tanjidor…), kerak telor, ondel2….dll
paling banter adanya di PRJ doank… selebihnya, daerah pinggiran….

Sama juga sih dengan kebudayaan2 tradisional yang lainnya di Indonesia,
padahal kalau boleh jujur… orang2 bule tuh datang ke Indonesia karena daya tarik budayanya…

Balik lagi nih ke “gue-lu”,….
nah sekarang gimana nih?
Kalau emang kita berasa kagok ngomong ama orang gak pake “gue-lu”
sementara kita sendiri gak mau dibilang sok gaul, gak punya kepribadian, ikut2an, etc, dll, bla-bla bla….
Ya udah gini aja, tetep pake “gue-lu” tapi aksennya jangan ilang….
untuk orang sunda coba deh praktekkan “guweh-eluh” dengan tambahan huruf ‘h’ dibelakangnya,
orang batak “gue-lu” dengan hentakkan diawal kata,
orang ambon “gue eluuuuu, gue eluuuu” dengan memanjangkan vocal terakhirnya,
dan orang jawa “ghue-elhu” dengan aksen medhok-nya…..
hahahaha selamat mencoba….
Benar2 akulturasi yang sangat indah….

PS : ni anak masih aja bisa ngelucu dengan gaya bahasa dia, hahaha. keep on writing, friend. Katanya mau kaya ‘Jomblo man’ hehe, blog lo di update dong, jup. kangen ngakak2 lagi nih gw…

Leave a Reply

