Im starting to drink coffee

Akhir2 ini, gw lagi kecanduan sm yang namanya kopi
iya, minuman item itu lho =p hehe
150px-a_small_cup_of_coffee
Jadi, entah dilatar belakangi oleh apa, gw jd hobi minum kopi
bisa2 sampe 2 cangkir sehari
rasanya kaya, itu kopi bs bikin gw terjaga sepanjang mlm (walo gw akan kesulitan untuk bangun pagi, hehe)

tapi… agak2 ga ngerti kenapa, akhir2 ini jg, tangan gw jd sering bergetar

kata ibu2 di kantor gw, mungkin karena pengaruh kopi

hummm…mungkin jg

dan…iseng2 gw searching di google tentang ini

gini katanya…

Kafein ternyata dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak), sistem pernapasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung. Sebab itu tidak heran setiap minum kopi dalam jumlah wajar (1-3 cangkir), tubuh kita terasa segar, bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah atau pun mengantuk. Dampak positif ini menyebabkan orang sulit terlepas dari kebiasaan minum kopi.Namun, sebenarnya manfaat di atas tidak berlaku bagi seseorang yang pekerjaannya memerlukan ketelitian, kerapian, serta ketepatan menghitung, seperti matematika, menggambar atau melukis. Sebaliknya, minum kopi lebih tepat bagi orang yang belajar ilmu-ilmu sosial atau menghapal. Minumlah sekitar setengah sampai satu jam sebelum aktivitas belajar atau menghapal dimulai.

Minum kopi terlalu banyak bisa pula mengurangi kesuburan wanita, apalagi kalau dikombinasikan dengan alkohol. Bagi wanita usia menopause, minum kopi dalam jumlah banyak bisa menambah risiko kekeroposan tulang (osteoporosis).Pada dosis sedang, kafein menaikkan produksi asam lambung yang berlangsung lama, sehingga dapat memperbesar risiko penyakit lambung, tukak lambung, atau tukak usus halus. Jadi para penderita kelemahan lambung hendaknya menghindari konsumsi kopi.

Atas dasar itu alangkah baiknya tidak minum kopi, khususnya bagi mereka yang berisiko tinggi penyakit jantung. Kalau pun harus minum kopi, untuk kita sebaiknya hanya 1-3 cangkir sehari (standar untuk orang Eropa 3-5 cangkir). Itu pun tidak pada saat menjelang tidur.Kopi bisa digantikan segelas air jeruk, sayuran hijau, disertai konsumsi vitamin B6 dan B12. Jenis-jenis makanan dan minuman ini tidak mengandung seng dan kafein tapi tinggi mineral, vitamin serta asam folat. Padahal vitamin B6, B12, dan asam folat sangat berperan dalam menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, sehingga penyakit jantung koroner pun bisa dihindari

(sumber : http://www.depkes.go.id/index.php?option=articles&task=viewarticle&artid=47&Itemid=3)

Mungkin ada benernya jg, inilah penyebab kenapa gw gemeteran, huhu😦

Tapi kalo diliat dr artikel itu, kayanya takaran gw masih normal2 aja deh, hehe

Masalah baru adalah, tentang lambung, duh…emang ga boleh minum kopi kali ya gw??

PS : saat gw ngetik ini, gw lg gemeteran hebat nih😦

One thought on “Im starting to drink coffee

Leave a Reply

